Kamis, 21 Desember 2017

Kekurangan dan Kelebihan Kecerdasan Buatan serta Pandangan tentang Indonesia Menurut Saya





            Dalam segala suatu tentu ada kekurangan dan ada kelebihan, hal ini tidak luput dari kecerdasan buatan. Apalagi kecerdasan buatan ini belum terlalu berkembang pesat sehingga sangat mungkin jika adanya kekurangan. Berikut adalah kekurangan dan kelebihan dari kecerdasan buatan.

Kekurangan.

1.      Teknologi artificial intelegensi tidak memiliki common sense. common sense adalah sesuatu yang membuat kita tidak sekedar memproses informasi, namun kita mengerti informasi tersebut. Kemengertian ini hanya dimiliki oleh manusia.

2.      Kecerdasan yang ada pada artificial intelligence terbatas pada apa yang diberikan kepadanya (terbatas pada program yang diberikan). Alat teknologi artificial intelligence tidak dapat mengolah informasi yang tidak ada dalam sistemnya.

3.       Kelebihan dan kekurangan artificial intelligence dibandingkan dengan otak manusia, dalam hal waktu tunda propagasi Oleh karena itu manusia kalah dalam kecepatan perhitungan numerik. Dalam aspek lainnya otak manusia jauh di atas angin, terutama dalam tata letak dan jumlah elemennya. Sedangkan metoda pemrosesan secara paralel dalam komputer dikembangkan untuk menggantikan kedudukan manusia.

Kelebihan.

1.      Lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami bisa berubah karena sifat manusia pelupa. Kecerdasan buatan tidak berubah selama sistem komputer & program tidak mengubahnya.

2.      Lebih mudah diduplikasi & disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari 1 orang ke orang lain membutuhkan proses yang sangat lama & keahlian tidak akan pernah dapat diduplikasi dengan lengkap.Jadi jika pengetahuan terletak pada suatu sistem komputer, pengetahuan tersebut dapat disalin dari komputer tersebut & dapat dipindahkan dengan mudah ke komputer yang lain.

3.      Lebih murah. Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah & murah dibandingkan mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat lama.

4.      Bersifat konsisten karena kecerdasan buatan adalah bagian dari teknologi komputer sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah

5.      Dapat didokumentasi.Keputusan yang dibuat komputer dapat didokumentasi dengan mudah dengan cara melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi.

6.      Lebih cepat

7.      Lebih baik 

            Menurut saya, Indonesia dimasa depan akan lebih banyak menggunakan kecerdasan buatan dalam berbagai bidang. Tentunya diikuti dengan kemajuan perkembangan kecerdasan buatan dan banyaknya tenaga ahli yang dapat membuat serta mengoperasikan alat tersebut. Karena saya melihat kecerdasan buatan ini sebagai hal yang sangat amat membantu pekerjaan manusia jika diawasi secara benar dan tepat dan didampingi oleh seorang pakar. Terlebih lagi, dunia ini kedepannya pasti akan terus berkembang dan maju, kita sebagai negara yang tergolong berkembang tentunta tidak ingin berjalan mundur, sehingga mau tidak mau kita juga akan ikut berkembang dan maju.



Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar