Sabtu, 08 Oktober 2016

Inovasi Sistem Informasi & Teknologi Informasi Modern

Pengertian

Inovasi adalah kumpulan ide ide dari seorang inovator berupa suatu penemuan baru yang belum pernah ada, baru/unik atau memperbaharui sesuatu yang sudah ada . Pengertian inovasi yang dimaksud bukan hanya berupa benda, tetapi juga mencakup cara hidup, kebiasaan, atau pemikiran yang bermanfaat bagi kehidupan. Sehingga secara garis besar, inovasi adalah sebuah ide yang timbul akibat ketidak puasan seseorang terhadap sesuatu.

Sistem adalah kumpulan dari bagian-bagian yang saling terhubung satu sama lain. Informasi adalah sekumpulan data telah diolah atau representasi fakta sehingga menjadi sesuatu yang berguna bagi si penerima. Jadi sistem informasi adalah suatu sistem yang meberikan informasi untuk mengambil keputusan dalam manajemen suatu perusahaan. Sistem informasi terdiri dari seperangkat hardware dan brainware yang berupa tenaga ahli yang mengoprasikan hardware tersebut.

Teknologi informasi merupakan alat teknologi yang berupa hardware dan software yang berguna untuk membantu manusia dalam melakukan suatu kegiatan.

Inovasi sistem informasi dan teknologi informasi modern adalah kegiatan melakukan atau menciptakan suatu penemuan baru yang dibantu dengan tenaga ahli yang dapat merealisasikannya serta perangkat modern untuk membantu pekerjaan tersebut.

Manfaat

Di era modern seperti ini, segala sesuatu tentu terus berkembang dengan pesat. Jika kita tidak mengikuti arus perkembangan teknologi maka kita akan kalah produktivitasnya dengan mereka yang paham akan perkembangan teknologi. Teknologi informasi memiliki manfaat untuk memudahkan pekerjaan, meningkatkan produktivitas perusahaan, mendapatkan informasi dengan mudah, membantu mengambil keputusan dalam suatu perusahaan. Mengapa demikian? Karena dengan inovasi sistem informasi semua informasi diperoleh dengan singkat sehingg manajemen dapat dengan mudah mendapatkan data yang dibutuhkan sehingga pengambilan keputusan dapat diambil dengan mudah. Bayangkan apabila tidak ada sistem informasi, untuk mendapatkan data akuntansi kita harus ke bagian akuntan. Berapa banyak waktu yang terbuang? Dengan inovasi di bidang teknologi informasi dan sistem informasi semua menjadi serba cepat.

Contoh

  • Smartphone



Pada zaman dahulu kita hanya menggunakan telefon rumah saja. Belum banyak yang menggunakan telefon selular. Tapi seiring berjalannya waktu para produsen menciptakan berbagai inovasi berupa telefon yang dapat dibawa kemana saja. Oleh sebab itu munculah handphone. Setelah handphone manusia berpikir bahwa mereka menginginkan telefon genggam yang dapat melakuknan berbagai pekerjaan dan multitasking. Muncul lah smartphone untuk menjawab keinginan para konsumen.

Smartphone adalah pc mini yang dapat berfungsi sebagai ponsel. Smartphone memiliki kemampuan seperti pc biasa. Smartphone memiliki segudang fitur seperti wireless, browser, email, office dan lain sebagainya.

  • Realitas Maya (Virtual Reality)



Virtual reality adalah teknologi yang memugkinkan manusia dapat melihat objek virtual secara nyata hanya dengan menggunakan computer mini yang berupa kacamata. Banyak vendor seperti sony, Microsoft, google dan masih banyak lagi. Produk ini membantu manusia terutama dalam bidang permainan atau game agar terasa nyata.


1 komentar:

  1. tulisan dan gambar artikelnya menarik, tapi jangan lupa sertakan sumbernya yaa

    BalasHapus