Selasa, 22 November 2016

Pengertian SEO, SEM, SMM dan SMO.

SEO


Optimasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencarian menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencarian tersebut. Tujuan SEO itu sendiri adalah memposisikan alamat situs web pada posisi teratas di mesin pencarian dari hasil pencarian subyek tertentu. Alamat situs yang menempati posisi teratas dari hasil pencarian akan berpeluang besar untuk memiliki banyak pengunjung dikalangan para pengguna internet.

Mereka yang ingin webnya berada diposisi teratas dari mesin pencarian tentu tidak hanya asal mejeng saja tentunya, pasti mereka memiliki target tertentu yang ingin dicapai. Misalnya mereka ingin menargetkan kunci yang kebanyakan orang tidak terpikirkan untuk mengetikannya dimesin pencarian, atau jika adapun hanya satu atau dua orang saja. Nah, SEO ini hanya bertugas untuk meningkatkan kunjungan yang berdampak keuntungan lalu lintas yang banyak datang dari mesin pencarian google. Jika sebuah web ramai kunjungan maka hasil dari mesin pencari bukan dari forum dan media social saja.

SEM


SEM adalah teknik pemasaran produk (website bisnis) dengan membayar periklanan yang menyediakan jasa periklanan. Iklan tersebut dapat berupa gambar, animasi, video, dan tulisan. Contoh dari SEM salah satunya adalah Google Adword yang menampilkan iklan di hasil pencarian Search Engine dengan kata kunci tertentu. Google Adword biasanya penempatanny ada diatas hasil pencarian atau disebelah kanan hasil pencarian, dan di paling bawah dekat dengan menu navigasi halaman hasil pencarian.

SMM

Social Media Marketing adalah teknik marketing yang mengunakan Media Sosial sebagai sarana atau tempat untuk mempromosikan produk yang ingin dijajakan dalam bentuk jasa, ataupun produk lainnya secara lebih spesifik. Cara kerja dari SMM itu sendiri adalah dengan membangun are pasar dan link Website yang bisa dibagikan secara luas ke media social. Link yang telah dibagikan mampu memberikan dampak untuk menjaring banyak pengunjung baru yang tertarik dan mungkin saja akan menjadi pengunjung setia web tersebut.

SMO


SMO adalah serangkaian cara untuk menarik visitor ke konten website melalui media social. Dan secara umum, tautan konten website yang dibagikan melalui media social memang memiliki daya tarik yang besar untuk mendatangkan banyak visitor. SMO ini tak jauh berbeda dengan SEO yang juga berfungsi untuk menignkatkan penghasilan anda melalui social media. Jika SMO adalah serangkaian proses yang anda lakukan di social media dengan tujuan meningkatkan trafik ke suatu situs, maka SEO adalah kembarannya yang juga sama sama memanfaatkan situs-situs raksasa di internet.

Social media optimization semakin menjadi faktor penting dalam search engine optimization, yang mena lebih mengutamakan penggunaan social media seperti facebook, twitter, dan google+. Implikasinya adalah ketika sebuah halaman web dibagika atau di-like oleh user pada jejaring social, ini adalah jumlah sebuat vote dari kualitas halaman webnya, sehinnga mesin pencarian dapat digunakan sebgaimana votes dengan peringkat situs web pada halaman-halaman hasil dari mesin pencari.

Itulah pengertian dari SEO, SEM, SMM dan SMO yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat, Terima Kasih.


Sumber Terkait.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar