Selasa, 08 November 2016

Teknologi Digital (dibidang Ilmu Teknologi)



Pengertian teknologi digital.

                Teknologi digital  adalah teknologi yang dalam sistem pengoprasiannya tidak membutuhkan bantuan manusia atau manual. Teknologi ini lebih cenderung untuk bekerja secara otomatis dengan format bahasa yang tentunya harus dimengerti oleh komputer tersebut. Teknologi digital menggunakan gelombang elektromagnetik yang dirubah menjadi bilangan binner yang nantinya akan diterjemahkan menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi user.
                Sangat berbeda dengan teknologi analog yang proses pengiriman sinyalnya masih dalam bentuk gelombang. Sinyal analog bekerja dengan mentransmisikan suara dan gambar dalam bentuk gelombang kontinu (continous varying). Misalnya ketika seseorang berkomunikasi dengan menggunakan telepon, maka suara yang dikirim melalui jaringan telepon tersebut dilewatkan melalui gelombang. Dan kemudian, ketika gelombang ini diterima, maka gelombang tersebut yang diterjemahkan kembali ke dalam bentuk suara, sehingga si penerima dapat mendengarkan apa yang disampaikan oleh pembicara lainnya dari komunikasi tersebut.Sinyal analog merupakan pemanfaatan gelombang elektromagnetik.
                Pada tahun 1980 terjadi revolusi digital. Revolusi digital merupakan perubahan dari teknologi mekanik dan analog menuju digital. Revolusi dgital masih terjadi sampai hari ini. Rata-rata teknologi yang ada pada saat ini sudah menggunakan teknologi digital. Dengan teknologi digital keakuratan data menjadi lebih terjamin. Contoh teknologi digital yang ada disekitar kita adalah personal computer, smartphone, televise dan masih banyak lagi. Banyak bidang yang menggunakan teknologi digital seperti pertanian, pendidkan, bisnis dan masih banyak bidang lain.
              Kelebihan dari teknologi digital:
1.       Memiliki ketelitian yang sangat tinggi.
2.       Mampu memproses data dalam jumlah yang tak terbatas
3.       Sangat efektif dan efisien karena harga perawatannya yang lebih murah dibandingkan dengan teknologi analog.
4.       Mampu memproses sinyal visual  lebih baik dari teknologi analog.
5.       Tidak mengenal waktu, mampu memproses data kapanpun dibutuhkan.
6.       Kapasitas yang sangat besar dalam hal transmisi sehingga tidak terlalu memikirkan media penyimpanan.
7.       Jarak bukan merupakan masalah untuk teknologi digital sebab teknologi ini menggunaka transmition station untuk menguatkan data dari setiap station.

Pemanfaatan teknologi digital

1.      Bidang Pendidikan

 

Sudah banyak sekolah di Indonesia di setiap jenjang. Kita lihat saja lab-lab di sekolah sudah menggunakan computer. Bahkan hamper semua peajar sudah terintegrasi dengan computer dan internet. Kesadaran masyarakat akan pentingnya computer sudah sangat tinggi. Itulah mengapa masyarakat Indonesia harus mengerti teknologi yang berkembang. Hal ini terlihat dari para pelajar serta mahasiswa menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas. Banyak juga pelajar yang menggunakan laptop untuk presentasi.

 2.      Bidang Bisnis

 

Pemanfaatan teknologi digital dalam bidang bisnis dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kita membuka line atau instagram kita sering melihat posting-an orang yang melakukan bisnis jual beli bahkan hingga MLM. Biasanya orang melakukan posting foto-foto produk yang mereka jual. Tidak hanya dalam berjualan. Bahkan ketika ingin membeli barang kita melakukan pencarian di internet. Dengan teknologi digital tentu akan sangat menghemat waktu dan tenaga. Kita juga dapat memanfaatkan internet untuk iklan. Kita tidak perlu menyewa toko yang sangat mahal. Cukup membuat website online yang mudah di akses.

3.      Bidang Sosial

 

Dalam bidang social juga sudah banyak. Contoh nya dalam kegiatan-kegiatan social yang umum. Seperti Nonton bareng pertandingan sepakbola. Pasti yang digunakan adalah televise dan proyektor. Bahkan ada yang menggunakan fasilitas internet untk streaming. Kebersamaan ini merupakan nilai social yang harus dilestarikan. Kita tidak bisa mengelak bahwa kebersamaan ini tercipta karena teknologi digital.







Sumber:



1 komentar: